Monday, August 6, 2012

Sebentar Lagi USB Bisa Isi Ulang Baterai Laptop

Promoter Group USB 3.0 telah membuat kesepakatan mengenai metode baru dalam memenuhi kebutuhan listrik bagi laptop, monitor serta berbagai perangkat lain, dengan menyediakan daya hingga 100 watt melalui kabel USB.

                                                     


USB Power Delivery disepakati utnuk USB 2.0 dan USB 3.0, yang berarti dalam waktu dekat kita bisa mengucapkan selamat tinggal pada kotak charger laptop berbentuk seperti batu-bata dan berbagai perangkat cahger lain. USB Power Delivery dimungkinkan sebagai manajemen power pintar, untuk memastikan perangkat memenuhi spesifikasi dalam mengalirkan dan menerima arus listrik.

Sebenarnya USB sudah dapat digunakan untuk mengisi ulang tenaga baterai namun masih terbatas untuk perangkat seperti tablet, ponsel maupun MP3 Player. Universal Serial Bus kini akhirnya akan menjadi lebih universal dan dapat digunakan sebagai penyedia aliran listrik bagi perangkat apapun. Bisa dibayangkan, bila melakukan perjalanan dengan membawa laptop dan gadget lain, nantinya hanya perlu menyertakan kabel charger USB untuk isi ulang tenaga baterai perangkat-perangkat tersebut.

Namun demikian, spesifikasi ini baru saja di sepakati, meski disebut-sebut kompatibel dengan spesifikasi USB sebelumnya, Power Delivery sepertinya hanya akan berfungsi dengan hardware baru ketika produsen hardware telah menghasilkan port baru dengan spesifikasi USB Power Delivery.

Brad Saunder, pimpinan Promoter Group USB 3.0 kepada Venture Beat menyatakan, penerapan spesifikasi biasanya memerlukan waktu untuk benar-benar dapat melihatnya dalam dunia nyata, jadi masih haris bersabar hingga paling tidak pertengahan tahun depan untuk melihat berbagai perangkat yang dilengkapi dengan USB Power Delivery. 

Sunday, August 5, 2012

HTC Hengkang dari Korea karena Tak Sanggup Saingi Samsung

HTC akan menutup kantor operasi perusahaan di Korea Selatan yang merupakan markas dari raksasa produsen smartphone Samsung. Dalam suatu penyataan seorang juru bicara HTC menyatakan, sebagai bagian dari evaluasi reguler terhadap seluruh lini bisnis dan pasar di mana perusahaan beroperasi, HTC akan segera menutup kantor pemasaran di Korea.



Produsen ponsel tersebut menyatakan, akan terus memberikan dukungan pelanggan dan pemasaran melalui mitra operator lokal seperti SK Telecom dan KT, dalam memberikan garansi produk dan mengupayakan update terhadap produk yang ada.

“HTC percaya Korea merupakan salah satu pasar smartphone dengan pertumbuhan tercepat dan termaju di dunia, sehingga perlu avaluasi menyeluruh untuk memperkenalkan perangkat mobile inovatif di Korea pada kesempatan mendatang,” ungkap HTC.

Meski smartphone seri One yang baru-baru ini diperkenalkan memperoleh sambutan hangat, HTC tetap harus berjuang untuk bersaing melawan Samsung yang memiliki kantor pusat di Korea Selatan. Lini perangkat Galaxy membantu Samsung mendepak Nokia dari posisi teratas sebagai produsen ponsel terbesar untuk pertama kalinya dalam empat belas tahun terakhir, sekaligus unggul atas Apple dalam penjualan smartphone secara global.

Statistik yang dirilis IDC minggu lalu, menempatkan HTC pada urutan keempat perusahaan smartphone dunia selama kuartal keempat, dibelakang Samsung, Apple dan Nokia. Perusahaan mengapalkan 8.8 juta perangkat atau sekitar 5.7 persen pasar smartphone, turun dari 10.7 persen untuk periode yang sama tahun sebelumnya.

Samsung Kalahkan Apple, Alert bagi Nokia yang Merosot Tajam

Berdasarkan hasil riset terbaru dari International Data Corporation  (IDC), terungkap bahwa pasar smartphone tumbuh 42,1% pada kuartal kedua tahun 2012. Sementara pasar ponsel mobile global mengalami pertumbuhan tahunan hanya 1%. Secara umum vendor smartphone telah mengapalkan sekitar 153,9 juta unit pada kuartal kedua 2012, meningkat dibanding pengiriman smartphone di periode yang sama tahun 2011 sejumlah 108,3 juta unit.



Pada sisi vendor, Samsung kembali memimpin pasar pada kuartal kedua tahun ini berkat diluncurkannya smartphone unggulan terbaru miliknya, Galaxy S III dan keberhasilan dari phablet Galaxy Note. Vendor asal Korea itu berhasil mencapai rekor penjualan smartphone per kuartal dengan menjual 50,2 juta handset. Pengiriman tahunan smartphone buatan Samsung meningkat 172,8% dan kini pihaknya pun berhasil mengamankan pangsa pasar 32,6%.

Apple dalam laporan itu berhasil menjual 26 juta unit iPhone dan meraup pangsa pasar 16,9%. Pesaing terdekat Samsung itu, diuntungkan oleh penawaran iPhone melalui mitra operator regional dan penyedia layanan prabayar, yang membantu vendor yang berbasis di Cupertino itu berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 16,9%.

"Samsung dan Apple dengan cepat menjadi vendor smartphone global kelas berat meskipun keduanya menggunakan pendekatan yang agak berbeda di pasar," kata Kevin Restivo, analis senior IDC seperti dilansir BGR.

"Samsung menggunakan sebuah strategi ‘senapan’ di mana banyak model dibuat yang meng-cover berbagai segmen pasar. Apple, sebaliknya, menawarkan sejumlah kecil dari model yang high-profile," lanjutnya.

Berbeda dengan Samsung dan Apple yang terus mendominasi pasar smartphone, Nokia justru terus alami penurunan penjualan. Jika smartphone Symbian dan MeeGo terperosok, ponsel Windows Phone Lumia tampaknya belum bisa dibilang sukses di pasar. Pada kuartal kedua 2012, vendor asal Finladia itu menjual 10,2 juta unit smartphone, dengan angka penurunan tahunan 38,9%. Bahkan, pangsa pasar Nokia juga menurun tajam dari 15,4% pada kuartal kedua tahun 2011 menjadi 6,6% pada kuartal yang sama tahun ini.


HTC berada di posisi keempat setelah Nokia dengan penjualan 8,8 juta unit perangkat dengan pangsa pasar 5,7%.

ZTE secara mengejutkan kini berhasil masuk ke dalam lima besar vendor smartphone dengan penjualan terbanyak dengan mengirimkan 8 juta unit dan berhasil mengamankan pangsa pasar 5,2%. Berkat smartphone entry-level yang terlihat sukses di Cina, membuat ZTE mengalami peningkatan tahun ke tahun hingga 300%. Tak hanya itu, ZTE juga berhasil menyalip RIM (produsen BlackBerry) di kancah persaingan pasar smartphone global



Nokia Tutup Pabrik di Finlandia

Nokia pada hari Jumat lalu telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan menutup pabriknya di Salo, Finlandia. Hal itu seperti diwartakan oleh sebuah situs yang berbasis di Finlandia, yle.fi.

                                             


Meskipun akhir-akhir ini perusahaan dilaporkan telah mengalami peningkatan penjualan utamanya pada smartphone unggulannya, yakni Lumia. Namun, kerugian yang telah dialami Nokia dengan angka yang terbilang cukup besar, terlihat jelas betapa sulit bagi vendor tersebut untuk mengembangkan pangsa pasar yang kini didominasi oleh dua rival utamanya, Samsung dan Apple.

Sebagai bagian dari upaya untuk memangkas biaya, akhirnya pada hari Jumat (27/07) lalu, Nokia mengatakan bahwa pabrik miliknya di Salo, Finlandia akan ditutup pada musim gugur ini (September 2012).

Penutupan pabrik tersebut akan berimbas pada 780 orang karyawannya yang akan kehilangan pekerjaan mereka dan harus rela menjadi bagian dari 10.000 karyawan Nokia yang rencananya akan di PHK hingga akhir tahun 2013.

Wednesday, August 1, 2012

HACKING, CRACKING, CARDING, PHISING, SPAMMING, DEFACING, dsb

Meski pengguna internet Indonesia masih sedikit dibanding negara Asia Tenggara lainnya, apalagi dibanding Asia atau negara-negara maju, nama warga Indonesia di internet sudah “ngetop” dan tercemar! Indonesia masuk “blacklist” di sejumlah online shoping ternama, khususnya di amazon.com dan ebay.com Kartu kredit asal Indonesia diawasi bahkan diblokir.

Sesungguhnya, sebagai media komunikasi yang baru, internet memberikan sejuta manfaat dan kemudahan kepada pemakainya. Namun internet juga mengundang ekses negatif, dalam berbagai tindak kejahatan yang menggloblal. Misalnya, tindak penyebaran produk pornorgrafi, pedofilia, perjudian, sampah (spam), bermacam virus, sabotase, dan aneka penipuan, seperti carding, phising, spamming, dll. Yang gawat, nama negara terseret karenanya.

Berikut sejumlah jenis kejahatan via internet :

CARDING

Carding adalah berbelanja menggunakan nomor dan identitas kartu kredit orang lain, yang diperoleh secara ilegal, biasanya dengan mencuri data di internet. Sebutan pelakunya adalah “carder”. Sebutan lain untuk kejahatan jenis ini adalah cyberfroud alias penipuan di dunia maya. Menurut riset Clear Commerce Inc, perusahaan teknologi informasi yang berbasis di Texas – AS , Indonesia memiliki “carder” terbanyak kedua di dunia setelah Ukrania. Sebanyak 20 persen transaksi melalui internet dari Indonesia adalah hasil carding. Akibatnya, banyak situs belanja online yang memblokir IP atau internet protocol (alamat komputer internet) asal Indonesia. Kalau kita belanja online, formulir pembelian online shop tidak mencantumkan nama negara Indonesia. Artinya konsumen Indonesia tidak diperbolehkan belanja di situs itu.Menurut pengamatan ICT Watch, lembaga yang mengamati dunia internet di Indonesia, para carder kini beroperasi semakin jauh, dengan melakukan penipuan melalui ruang-ruang chatting di mIRC. Caranya para carder menawarkan barang-barang seolah-olah hasil carding-nya dengan harga murah di channel. Misalnya, laptop dijual seharga Rp 1.000.000. Setelah ada yang berminat, carder meminta pembeli mengirim uang ke rekeningnya. Uang didapat, tapi barang tak pernah dikirimkan.

HACKING

Hacking adalah kegiatan menerobos program komputer milik orang/pihak lain. Hacker adalah orang yang gemar ngoprek komputer, memiliki keahlian membuat dan membaca program tertentu, dan terobsesi mengamati keamanan (security)-nya. “Hacker” memiliki wajah ganda; ada yang budiman ada yang pencoleng. “Hacker” budiman memberi tahu kepada programer yang komputernya diterobos, akan adanya kelemahan-kelemahan pada program yang dibuat, sehingga bisa “bocor”, agar segera diperbaiki. Sedangkan, hacker pencoleng, menerobos program orang lain untuk merusak dan mencuri datanya.

CRACKING

Cracking adalah hacking untuk tujuan jahat. Sebutan untuk “cracker” adalah “hacker” bertopi hitam (black hat hacker). Berbeda dengan “carder” yang hanya mengintip kartu kredit, “cracker” mengintip simpanan para nasabah di berbagai bank atau pusat data sensitif lainnya untuk keuntungan diri sendiri. Meski sama-sama menerobos keamanan komputer orang lain, “hacker” lebih fokus pada prosesnya. Sedangkan “cracker” lebih fokus untuk menikmati hasilnya. Kasus kemarin, FBI bekerja sama dengan polisi Belanda dan polisi Australia menangkap seorang cracker remaja yang telah menerobos 50 ribu komputer dan mengintip 1,3 juta rekening berbagai bank di dunia. Dengan aksinya, “cracker” bernama Owen Thor Walker itu telah meraup uang sebanyak Rp1,8 triliun. “Cracker” 18 tahun yang masih duduk di bangku SMA itu tertangkap setelah aktivitas kriminalnya di dunia maya diselidiki sejak 2006.

DEFACING

Defacing adalah kegiatan mengubah halaman situs/website pihak lain, seperti yang terjadi pada situs Menkominfo dan Partai Golkar, BI baru-baru ini dan situs KPU saat pemilu 2004 lalu. Tindakan deface ada yang semata-mata iseng, unjuk kebolehan, pamer kemampuan membuat program, tapi ada juga yang jahat, untuk mencuri data dan dijual kepada pihak lain.

PHISING

Phising adalah kegiatan memancing pemakai komputer di internet (user) agar mau memberikan informasi data diri pemakai (username) dan kata sandinya (password) pada suatu website yang sudah di-deface. Phising biasanya diarahkan kepada pengguna online banking. Isian data pemakai dan password yang vital yang telah dikirim akhirnya akan menjadi milik penjahat tersebut dan digunakan untuk belanja dengan kartu kredit atau uang rekening milik korbannya.

SPAMMING

Spamming adalah pengiriman berita atau iklan lewat surat elektronik (e-mail) yang tak dikehendaki. Spam sering disebut juga sebagai bulk email atau junk e-mail alias “sampah”. Meski demikian, banyak yang terkena dan menjadi korbannya. Yang paling banyak adalah pengiriman e-mail dapat hadiah, lotere, atau orang yang mengaku punya rekening di bank di Afrika atau Timur Tengah, minta bantuan “netters” untuk mencairkan, dengan janji bagi hasil. Kemudian korban diminta nomor rekeningnya, dan mengirim uang/dana sebagai pemancing, tentunya dalam mata uang dolar AS, dan belakangan tak ada kabarnya lagi. Seorang rector universitas swasta di Indonesia pernah diberitakan tertipu hingga Rp1 miliar dalam karena spaming seperti ini.

MALWARE

Malware adalah program komputer yang mencari kelemahan dari suatu software. Umumnya malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating system. Malware terdiri dari berbagai macam, yaitu: virus, worm, trojan horse, adware, browser hijacker, dll. Di pasaran alat-alat komputer dan toko perangkat lunak (software) memang telah tersedia antispam dan anti virus, dan anti malware. Meski demikian, bagi yang tak waspadai selalu ada yang kena. Karena pembuat virus dan malware umumnya terus kreatif dan produktif dalam membuat program untuk mengerjai korban-korbannya.

HACKING FACEBOOK, BAGAIMANA MENGHINDARINYA?

Kebanyakan kasus hacking dikarenakan ketidaktahuan player terhadap aktifitas share acoount, downloading files yg tidak jelas, hacking tools, dan mengunjungi website yg mengandung software yg tidak jelas / mencurigakan.

“tambahan dari poin² dibawah : usahakan pass email anda berbeda dengan pass akun² ataupun jejaring sosial yang anda telah buat itu berbeda”

Contoh-contoh hacking facebook :

1. Phising (Hati-hati kalau anda lagi main facebook, di suruh login lagi, itu hanya login tipuan yg bisa mencuri email dan password mu)2. Facebook freezer (Membeku kan email, ingat jangan pernah kamu mengobral email facebook mu)

Point² ini yg berkaitan dengan keamanan account meliputi :

1. Sharing ID & password account dengan orang lain.2. Password yang terlalu simple.3. Jarang melakukan penggantian password secara berkala.4. Menulis ID & Password di buku / sobekan kertas yg tidak disimpan dengan aman.

Dibawah ini beberapa langkah untuk mengantisipasi hacking account :

1. Jangan membuka/membaca email dr orang yg tidak dikenal.2. Jangan men-download software/files dr website yg tidak kamu kenal.3. Jangan mengunjungi website yg mencurigakan & tidak kamu kamu kenal.4. Jangan share ID, password dan account detail.5. Jangan memberitahukan ID & password apabila ada orang lain yg meminta, kebanyakan GM/staff suatu MMORPG tidak pernah menanyakan password kepada player.6. Jangan menulis ID & password melalui public chat (termasuk whisper, chat party ataupun guild chat. Jika terpaksa gunakan sms atau telepon untuk memberitahukan ID/password anda)7. Jangan melakukan transaksi dengan seseorang di game yg belom anda kenal / temui.8. Usahakan password mengandung alphabet & numeric sehingga tidak mudah ditebak oleh orang lain.9. Jangan lupa untuk mengganti password secara berkala terutama bila anda pernah login di warnet/gamecenter lain (bukan tempat yg biasa anda gunakan untuk bermain game).10. Pastikan kamu benar benar logout dr game apabila ingin AFK ( away from keyboard )11. Ketika kamu sudah selesai bermain, pastikan sudah benar” logout dan restart komputer anda.

Hati hati apabila anda menemukan beberapa situs di internet yg menawarkan software untuk anda dalam bermain game , karena mungkin di dalam software tersebut mengandung software lain yg merugikan (contoh : keylogger yg akan mencuri beberapa data penting di komputer anda termasuk ID & password) ataupun virus ( contoh : trojan ).

Trojan :adalah semacam virus yg akan mencuri informasi dr suatu komputer dan mengirimkannya ke email yg telah di set oleh si pengirim virus. Contoh : bila Trojan telah masuk di dalam directory game yg anda maenkan, maka ketika anda menyalakan game client dan login, maka ID & password akan segera dikirim ke si pembuat virus (trojan) tersebut.

Keylogger :adalah semacam program yg akan me-record apa yg kamu ketik melalui keyboard / mouse. Beberapa keylogger yg lebih kuat bahkan mampu me-record URL dr website yg anda kunjungi.Dari pengalaman di atas, maka beberapa game online developer menyediakan fasilitas on screen keyboard untuk menulis ID & password guna mengantisipasi hal tersebut.

Virus, Trojan applications dan key-logging software semuanya dapat mencuri data data game anda dan biasanya ter-install di komputer melalui executable program. Executable artinya bila akhiran dr file tersebut adalah .EXE , atau dengan cara click kanan file tsb dan pilih properties. Jika File Type berjenis Application, maka bisa dikatakan file tersebut executable.

Dalam banyak kasus biasanya hacker menaruh (baca = menyembunyikan) viruses, keyloggers, etc dalam executable files yg berhubungan dengan game. Trik yg biasa digunakan adalah menaruhnya kedalam suatu program seperti berikut :

1. Gold duplicating / gold making software2. Create / Item duplicating software3. Auto hunting software / BOT system.4. Teleportation / movement-cheating programs.5. Unrealistic program yg memungkinkan player untuk invisiblilty, 1 hit kills, etc.

Dibawah ini adalah point point yg berhubungan dengan Komputer Security :

1. Computer UpdatesJika kamu menggunakan Windows, pastikan kamu sudah mempunyai update terbarunya. Kamu dapat mendapatkannya dengan mudah diMicrosoft Windows Update.

2. Firewall SoftwareFirewall bertujuan untuk mengatur agar komputer kita tidak secara langsung berhubungan dengan komputer luar yg mungkin berbahaya.Windows XP SP2 Firewall Zone Alarm (http://www.zonealarm.com/)SyGate (http://www.sygate.com/)BlackICE Defender (http://www.networkice.com/)

3. Antivirus SoftwareSuatu program yg bertugas untuk melakukan scanning terhadap memory computer untuk mengenali adanya suatu virus dan memusnahkannya.

* Kaspersky (http://www.download.com/Kaspersky-Anti-Virus/3000-2239_4-10589989.html?tag=lst-0-2) * AVG Free (http://free.grisoft.com/freeweb.php)* Tauscan (http://www.tauscan.com/)* Moosoft (http://moosoft.com/)* Symantec security check (http://www.symantec.com/securitycheck)

4. Anti-Spyware Software:Suatu software yg bertugas untuk melakukan scanning terhadap computer’s storage space dan mengidentifikasi serta melenyapkan program yg di design untuk memonitor penggunakan komputer kita tanpa sepengetahuan kita.
sumber untukku.com